Nah mungkin setelah anda membaca postingan sebelumnya tentang Mengenal Animasi ada rasa ingin membuat suatu animasi. Nah postingan kali ini saya akan membahas tentang 12 Prinsip Animasi.
Apa itu 12 Prinsip Animasi ? 12 Prinsip animasi adalah beberapa prinsip dasar yang diperlukan pada pembuatan suatu animasi agar animasi tersebut terlihat lebih hidup. Mengapa kita membutuhkan 12 Prinsip Animasi saat pembuatan suatu Animasi ? Lalu apa Efeknya apabila kita tidak menggunakannya ? Nah perlu kita ketahui 12 Prinsip Animasi itu sangat dibutuhkan dalam pembuatan animasi karena itu adalah dasar dalam pembuatan Animasi. Karena apabila 12 Prinsip Animasi ini tidak di terapkan pada suatu Animasi itu akan terlihat membosankan.
Berikut Ini 12 Prinsip Animasi :
1. Strecth & Squash ( Memuai dan Menekan )
Strecth & Squash adalah gerakan menekan dan memuai pada objek gambar. Biasanya apa bila pada objek benda mati ini menentukan sifatnya, apakah keras atau lembek. Contoh : Seperti pantulan bola, pada pembuatan animasi seperti bola memantul atau sejenisnya maka dibutuh kan stretch and squash. Kita bisa melihatnya apabila bola tersebut jatuh dari atas maka akan memuai, dan saat menyentuh lantai maka akan menekan.
2. Anticipation ( Antisipasi )
Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebelum kita melakukan gerakan yang lain (ancang - ancang). Gerakan Ini juga dibutuhkan agar gerakan pada animasi menjadi lebih realistik. Contoh : Seperti saat akan berlari pada kartun, gerakan awalnya pasti dia akan memutar badan dan mengangkat tangannya keatas baru dia berlari.
3. Stagging
Stagging adalah
penepatan objek pada sebuah animasi.
Pengambilan gambar atau darimana sudut pandang yang kita ambil pada
pembuatan animasi sangatlah penting.
Contoh
: Seperti gerakan dibawah ini ada yang tau sedang apa karakter dibawah ini ?
Coba apabila gambar tersebut kita ambil sudut pandang
sebaliknya..
Nah
ternyata dia sedang memasangkan sebuah dasi
Jadi Kesimpulannya : Stagging berfungsi agar gerakan animasi yang
kita buat bisa dimengerti dan jelas.
4. Straight Ahead
& Pose to Pose
Seperti yang kita ketahui pembuatan animasi adalah penggabungan beberapa gambar. Straight
Ahead & pose to pose adalah tehnik dalam menggambar animasi. Straight
Ahead adalah teknik penggambaran
dari Gerakan pertama ke gerakan akhir secara menerus. Sedangkan Pose
to Pose adalah tehnik
penggambaran gerakan pertama lalu gerakan terakhir, lalu baru diikuti
gerakandiantara gerakan tersebut.
Contoh :
Straight Ahead
Pose to Pose
5. Overlapping Action
& Follow Trough
Overlapping Action
& Follow Trough adalah gerakan berlebih saat sebuah animasi yang extreme.
Contoh : Seperti
pada saat kita berlari sangat kencang, lalu tiba tiba berhenti pasti ada sebuah
gerakan berlebih kedepan saat kita berhenti tadi itulah Overlapping Action.
Sedangkan Follow Trough adalah gerakan baju atau rambut yang ikut tergibas saat
kita mengerem tadi
6. Slow In Slow Out
Slow In Slow Out
adalah cepat lambatnya sebuah gerakan pada animasi. Seperti Gravitasi apabila kita melempar bola ke udara maka akan
terlihat cepat dan apabila kekuatan untuk melaju keatasnya sudah habisa maka
gerakannya akan diperlambat dan kembali turun kebawah.
7. Secondary Action
Secondary Action
adalah gerakan pengikut atau gerakan yg di timbulkan akibat gerakan utama. Seperti
saat kita berjalan tanpa harus kita paksa gerakan maka tangan kita akan
bergerak sendirinya.
8. Timing
Timing adalah
penempatan waktu pada sebuah animasi. Seperti penempatan expressi apabila suatu
karakter dilempari batu maka pada saat itu dia akan kesakitan tanpa jeda waktu artinnya
tidak ada in-between ( gerakan di antara gerakan ).
9. Arcs
Arcs adalah garis
lengkung yang menentukan gerakan sebuah animasi, arcs juga digunakan agar
sebuah animasi menjadi terlihat lebih realistik tidak seperti robot.
10. Exaggeration
Exaggeration adalah
gerakan berlebih pada animasi, pasti kalian pernah melihat film animasi
kartun Tom and Jerry kan ? dan disana terdapat beberapa adegan seperti Tom
jatuh dari langit, menjadi gepeng dll, nah itulah yang disebut Exaggeration.
11. Solid Drawing
Solid Drawing adalah
kemempuan kita menggambar sesuai dengan komposisi
12. Appeal
Appeal adalah daya
tarik sebuah gambar. Seperti yang kita ketahui lebih banyak anak kecil yang
menonton film animasi seperti spongebob daripada sinetron, Mengapa ? ya karena
menurut mereka spongebob yang berwarna kuning lebih menarik perhatiannya dibandingkan dengan sinetron tersebut.
Thanks for Reading
Please don’t Re-Edit
4 comments:
Kurang lengkap nih blognya wkwk
Cuma ada nomer 2 sama 3 doang nomer 1 4 5 nya ga ada
Cuma ada nomer 2 sama 3 doang nomer 1 4 5 nya ga ada
Kurang lengkap nih blognya wkwk
Post a Comment