12 Prinsip Animasi

Thursday 16 May 2013 4 comments

Nah mungkin setelah anda membaca postingan sebelumnya tentang Mengenal Animasi ada rasa ingin membuat suatu animasi. Nah postingan kali ini saya akan membahas tentang 12 Prinsip Animasi.

Apa itu 12 Prinsip Animasi ? 12 Prinsip animasi adalah beberapa prinsip dasar yang diperlukan pada pembuatan suatu animasi agar animasi tersebut terlihat lebih hidup. Mengapa kita membutuhkan 12 Prinsip Animasi saat pembuatan suatu Animasi ? Lalu apa Efeknya apabila kita tidak menggunakannya ? Nah perlu kita ketahui 12 Prinsip Animasi itu sangat dibutuhkan dalam pembuatan animasi karena itu adalah dasar dalam pembuatan Animasi. Karena apabila 12 Prinsip Animasi ini tidak di terapkan pada suatu Animasi itu akan terlihat membosankan.

Berikut Ini 12 Prinsip Animasi :

1. Strecth & Squash ( Memuai dan Menekan )

Strecth & Squash adalah gerakan menekan dan memuai pada objek gambar. Biasanya apa bila pada objek benda mati ini menentukan sifatnya, apakah keras atau lembek. Contoh : Seperti pantulan bola, pada pembuatan animasi seperti bola memantul atau sejenisnya maka dibutuh kan stretch and squash. Kita bisa melihatnya apabila bola tersebut jatuh dari atas maka akan memuai, dan saat menyentuh lantai maka akan menekan.





2. Anticipation ( Antisipasi )

Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebelum kita melakukan gerakan yang lain (ancang - ancang). Gerakan Ini juga dibutuhkan agar gerakan pada animasi menjadi lebih realistik. Contoh : Seperti saat akan berlari pada kartun, gerakan awalnya pasti dia akan memutar badan dan mengangkat tangannya keatas baru dia berlari.




3. Stagging
Stagging adalah penepatan objek pada sebuah animasi.  Pengambilan gambar atau darimana sudut pandang yang kita ambil pada pembuatan animasi sangatlah penting.
 Contoh : Seperti gerakan dibawah ini ada yang tau sedang apa karakter dibawah ini ?


Coba apabila gambar tersebut kita ambil sudut pandang sebaliknya..








Nah ternyata dia sedang memasangkan sebuah dasi



Jadi Kesimpulannya : Stagging berfungsi agar gerakan animasi yang kita buat bisa dimengerti dan jelas.

4. Straight Ahead & Pose to Pose

Seperti yang kita ketahui pembuatan animasi  adalah penggabungan beberapa gambar. Straight Ahead & pose to pose adalah tehnik dalam menggambar animasi. Straight Ahead adalah teknik penggambaran dari Gerakan pertama ke gerakan akhir secara menerus. Sedangkan Pose to Pose adalah tehnik penggambaran gerakan pertama lalu gerakan terakhir, lalu baru diikuti gerakandiantara gerakan tersebut.
Contoh :
Straight Ahead


Pose to Pose


5. Overlapping Action & Follow Trough
Overlapping Action & Follow Trough adalah gerakan berlebih saat sebuah animasi yang extreme.
Contoh : Seperti pada saat kita berlari sangat kencang, lalu tiba tiba berhenti pasti ada sebuah gerakan berlebih kedepan saat kita berhenti tadi itulah Overlapping Action. Sedangkan Follow Trough adalah gerakan baju atau rambut yang ikut tergibas saat kita mengerem tadi



6. Slow In Slow Out
Slow In Slow Out adalah cepat lambatnya sebuah gerakan pada animasi. Seperti Gravitasi  apabila kita melempar bola ke udara maka akan terlihat cepat dan apabila kekuatan untuk melaju keatasnya sudah habisa maka gerakannya akan diperlambat dan kembali turun kebawah.


7. Secondary Action
Secondary Action adalah gerakan pengikut atau gerakan yg di timbulkan akibat gerakan utama. Seperti saat kita berjalan tanpa harus kita paksa gerakan maka tangan kita akan bergerak sendirinya.

8. Timing
Timing adalah penempatan waktu pada sebuah animasi.  Seperti penempatan expressi apabila suatu karakter dilempari batu maka pada saat itu dia akan kesakitan tanpa jeda waktu artinnya tidak ada in-between ( gerakan di antara gerakan ).



9. Arcs
Arcs adalah garis lengkung yang menentukan gerakan sebuah animasi, arcs juga digunakan agar sebuah animasi menjadi terlihat lebih realistik tidak seperti robot.



10. Exaggeration
Exaggeration adalah gerakan berlebih pada animasi, pasti kalian pernah melihat film animasi kartun Tom and Jerry kan ? dan disana terdapat beberapa adegan seperti Tom jatuh dari langit, menjadi gepeng dll, nah itulah yang disebut Exaggeration.

11. Solid Drawing

Solid Drawing adalah kemempuan kita menggambar sesuai dengan komposisi

12. Appeal

Appeal adalah daya tarik sebuah gambar. Seperti yang kita ketahui lebih banyak anak kecil yang menonton film animasi seperti spongebob daripada sinetron, Mengapa ? ya karena menurut mereka spongebob yang berwarna kuning lebih menarik perhatiannya  dibandingkan dengan sinetron tersebut.




Thanks for Reading
Please don’t Re-Edit



4 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2017 Animation Everyday | TNB